Ahad, 25 Februari 2024

Follow us:

infobrand

infobrand

Manfaat Aplikasi Mobile dalam Menjalankan Bisnis

Posted by: 06-11-2023 14:10 WIB 1354 viewer

Manfaat Aplikasi Mobile dalam Menjalankan Bisnis
Aplikasi mobile.

NFOBRAND.ID - Di jaman serba digital saat ini, aplikasi mobile ibarat sudah menjadi makanan sehari-hari. Terutama dalam menggunakan smartphone, berbagai aktivitas tak luput dari aplikasi mobile. Bagi pengguna, ada banyak manfaat yang dirasakan, seperti aktivitas menjadi lebih menyenangkan, lebih mudah, dan cepat.

Tidak hanya pengguna smartphone, aplikasi mobile tentunya juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku brand guna menunjang bisnis yang dijalankan. Tentunya ada banyak manfaat yang diterima oleh brand, bahkan dapat dijadikan sebagai strategi bisnis. Lantas apa saja manfaat aplikasi mobile dalam bisnis, simak penjelasan berikut:

  1. Meningkatkan Visibility Brand

Sebuah aplikasi mobile dapat meningkatkan visibility brand. Aplikasi mobile ibarat sebuah papan reklame, Anda dapat melakukan apa pun sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja brand ingin aplikasi bisa berfungsi dengan baik, ramah pengguna, menarik, dan informatif. Namun tujuan utama sebenarnya pembuatan aplikasi mobile adalah membangun aplikasi yang memiliki fitur-fitur penting sehingga pelanggan menyukainya. Semakin sering pengguna menggunakan sebuah aplikasi, semakin cepat mereka memutuskan untuk memesan produk atau layanan.

  1. Menjadi Kanal Marketing Langsung

Aplikasi mobile memiliki banyak fungsi bangi pengguna. Tak hanya berfungsi sebagai pemberi informasi mengenai produk atau layanan sebuah brand, aplikasi juga bisa menghadirkan formular pemesanan, fitur pencarian, messenger, berita, dan banyak lainnya. Salah satu manfaat terbesar memiliki aplikasi bagi brand adalah semua informasi yang ingin diberikan kepada pelanggan, termasuk penjualan dan promosi khusus, dapat dihadirkan secara langsung tanpa mengandalkan pihak ketiga.

  1. Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen

Fitur chat (atau help desk) dalam aplikasi Anda akan meningkatkan kualitas interaksi sebuah brand terhadap konsumen. Ambil contoh OpenTable, sebuah layanan yang menggunakan model bisnis dengan fokus terhadap prinsip tersebut. Alih-alih menelepon restoran untuk mendapatkan meja, Anda dapat memesannya dengan kurang dari lima kali klik di platform mereka.

  1. Menunjukkan Komitmen Menghargai Konsumen

Aplikasi mobile juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan program loyalitas brand. Daripada mengandalkan selembar kartu untuk mengumpulkan poin, buat pelanggan dapat mengumpulkan poin hadiah mereka melalui aplikasi. Hasilnya bisa dipastikan mendapatkan jumlah pengunduhan aplikasi dan pelanggan yang tertarik dengan kemudahan penambahan value sebuah brand.

  1. Membuat Brand Lebih Menonjol dari Kompetitor

Stigma yang menyatakan bahwa aplikasi mobile hanya milik perusahaan besar, walau salah, masih langgeng di masyarakat luas. Oleh karenanya, belum banyak perusahaan sedang atau kecil yang memberanikan diri membuat aplikasi mobile. Bahkan dengan aplikasi mobile sebuah brand baru dapat terlihat lebih unggul daripada komepetitor. Karena para pelanggan akan cenderung membangun ekspektasi bahwa sebuah brand selalu selangkah lebih di depan dibanding brand lain.



TERPOPULER