Jum'at, 17 Mei 2024

Follow us:

infobrand

infobrand

Transaksi Berbasis Mobile Terus Mengalami Peningkatan Selama Pandemi

Posted by: 30-07-2021 08:39 WIB 1879 viewer

Transaksi Berbasis Mobile Terus Mengalami Peningkatan Selama Pandemi
Masyarakat semakin memilih layanan berbasis digital.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi telah mempercepat adopsi digital banking di kalangan konsumen. Layanan perbankan digital menjadi pilihan yang semakin menarik karena risiko penularan COVID-19 bisa diminmalisir. Sebaliknya konsumen semakin tidak tertarik bertransaksi di kantor cabang dan di ATM.

Temuan riset Inventure-Alvara menunjukkan bahwa 81,2% responden memilih layanan aplikasi digital banking dibanding datang ke ATM. Dan 57,3% makin tidak tertarik datang ke kantor cabang.

Sementara itu, pertumbuhan transaksi berbasis aplikasi digital, menggerus transaksi berbasis kartu. Berdasarkan dari riset Inventure-Alvara dengan maraknya teknologi contactless payment seperti QR code, mempengaruhi pergeseran ini dimana 50,9% responden menyatakan tidak tertarik dengan produk berbasis kartu.

Hasil temuan ini juga dikonfirmasi oleh Handayani, Director of Consumer Business BRI dalam acara Indonesia Industri Outlook 2nd Semester 2021 yang mengatakan bahwa, transaksi keuangan digital menanjak naik pada situasi sekarang dan bank semakin merambah digital dalam perang layanan infrastruktur.

“Selain itu, trend transaksi digital ini jika dibandingkan antara 3 bulan terakhir dengan 10 tahun terakhir selama tahun 2015 – 2019 sebelum pandemi, jumlahnya lebih banyak di 3 bulan terakhir ini. Pergeseran ini jauh lebih cepat dari sebelum pandemi,” ujar Handayani.

Bank BRI sendiri juga sudah melakukan banyak peningkatan layanan infrastruktur seperti untuk UMKM salah satunya pasar.id, transaksi online milik BRI pun sudah digunakan untuk bertransaksi oleh puluhan ribu pasar. Selain itu BRI juga melakukan pembinaan dan memberikan pelajaran ke UMKM terkait bagaimana memulai perdagangan berbasis media dan digital payment.



TERPOPULER