Selasa, 23 Juli 2024

Follow us:

infobrand

infobrand

Zenius Untuk Guru, Solusi Bantu Tenaga Pengajar Hadapi Tantangan Belajar Jarak Jauh

Posted by: 04-05-2020 09:42 WIB 3113 viewer

Zenius Untuk Guru, Solusi Bantu Tenaga Pengajar Hadapi Tantangan Belajar Jarak Jauh
Ilustrasi belajar jarak jauh atau belajar online (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pandemi virus corona atau covid-19 boleh dibilang telah memaksa hampir seluruh sektor bisnis di tanah air untuk masuk ke ranah digital, tak terkecuali pendidikan.

Mengutip data Kemendikbud, sebanyak 97,6% sekolah sudah mulai melakukan pembelajaran jarak jauh, dengan 46% diantaranya masih mengharuskan guru memberikan pengajaran dari sekolah dengan siswa berada di rumah.

Sayangnya, dari 43,5 juta pelajar yang ada di Indonesia, tidak semua siswa memiliki fasilitas yang memadai untuk sistem belajar jarak jauh ini. Untuk itu, baik guru maupun sekolah dituntut untuk beradaptasi dengan berbagai tantangan agar dapat memastikan pembejaran tetap berlanjut.

Berdasarkan hal tersebut, Zenius sebagai pelopor layanan belajar daring di Indonesia meluncurkan program ‘Zenius Untuk Guru’, sebuah program yang didedikasikan untuk membantu para guru menjalankan perannya sebagai garda pendidikan di masa-masa sulit ini.

“Kami mencoba memfasilitasi rekan-rekan guru terutama yang berada di daerah untuk dapat lebih fasih memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran (pedagogi) jarak jauh dan mencoba memberikan jalan keluar bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses,” ungkap Chief of Teachers Initiatives Zenius Education, Amanda Witdarmono dalam siaran persnya.

Dalam ‘Zenius untuk Guru’, lanjut Amanda, pihaknya akan berbagi bagaimana guru dapat mengelola pembelajaran, mulai dari waktu pembelajaran, metode komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa, serta diskusi mengenai peluang lain yang bisa guru lakukan selama proses pembelajaran jarak jauh ini, seperti mendalami aspek keterampilan pada kurikulum.

Memahami bahwa ketersediaan fasilitas masih belum merata bagi seluruh siswa, Zenius menawarkan solusi dengan menyediakan materi untuk rencana pembelajaran jangka panjang berbentuk file PDF secara gratis. Dimana rekan-rekan guru dapat memakai materi dan latihan soal tersebut untuk dibagikan pada para siswanya dalam kurun waktu beberapa minggu sekali.

Program ini pun nyatanya disambut baik oleh guru matematika kelas 7, 8 dan 9 di SMP Islan Darussalam Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Agus Setiawan S.Pd. Dia mengucapkan terimakasih kepada tim Zenius atas inisiatifnya yang diberikan kepada para guru di seluruh nusantara.

“Dengan platform yang diberikan, kami dapat terhubung dengan guru di berbagai daerah dan saling berbagi informasi model pembelajaran yang cocok di lokasi masing-masing. Materi yang tersedia lengkap untuk semua tingkatan sekolah, terlebih seminar online dan tips yang dibagikan sangat memperhatikan pedagogi. Sebagai guru, inisiatif yang dilakukan ini membuat kami merasa profesi kami sangat dihargai,” ucapnya.



TERPOPULER