Kamis, 28 Maret 2024

Follow us:

infobrand

infobrand

10 Emiten dengan Aktivitas Digital PR Terbaik

Posted by: 07-02-2023 14:33 WIB 1466 viewer

10 Emiten dengan Aktivitas Digital PR Terbaik
Top Digital PR Award.

INFOBRAND.ID - Aktivitas digital public relations sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan dan bisnis yang dijalankan. Terlebih bagi perusahaan dengan status terbuka atau emiten, aktivitas digital public relations untuk membangun citra positif perusahaan berpengaruh terhadap minat masyarakat dan investor untuk membeli saham yang dimiliki.

Dalam riset Top Digital Public Relations Index yang dilakukan oleh TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand, mengungkap 10 perusahaan emiten dengan reputasi terbaik antara lain; PT Indosat Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Central Aasia Tbk, PT XL Axiata Tbk, PT Astra International Tbk, PT Astra Otoparts Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Lebih lanjut hasil riset tersebut, dapat dilihat Astra International Tbk, unggul dalam hal ulasan dengan 2 jutaan ulasan, disusul Astra Otopart dengan 988 ribuan ulasan, Bank Mandiri dengan 390 ribuan ulasan, Garuda Indonesia dengan 115 ribuan ulasan, dan Indosat dengan 108 ribuan ulasan.

Sementara untuk pencarian terbanyak, didominasi oleh Bank Negara Indonesia dan Bank Mandiri dengan 368 ribuan pencarian di halaman internet, disusul Garuda Indonesia dengan 165 ribuan pencarian internet, kemudian Indosat dengan 74 ribuan pencarian, dan BCA dengan 60 ribuan pencarian.  

Riset Top Digital PR Index sendiri, dilakukan dilakukan pada bulan November 2022 – Januari 2023, dengan metode desk research terhadap 811 perusahaan emiten. Riset dilakukan melalui data engine pihak ketiga yang independent dan credible dengan menggunakan 3 (tiga) parameter penilaian yaitu;

Digital Media Aspect, mengukur banyaknya pemberitaan di media digital terhadap suatu perusahaan yang tercapture melalui mesin pencari dengan keyword “Corporate Brand”. Kemudian Digital Sentiment Aspect, mengukur banyaknya dominasi berita positif dan negatif terhadap suatu perusahaan dengan mengacu pada lima halaman utama mesin pencari news Indonesia atau 50 permberitaan. Dan Digital Awareness Aspect, mengukur banyaknya ulasan terkait perusahaan di media digital melalui mesin pencari dan juga mengukur banyaknya pengguna internet yang mencari perusahaan dengan keyword “Corporate Brand” dalam rata-rata perbulan.

Dari hasil riset tersebut, emiten dengan reputasi terbaik, merupakan perusahaan yang sukses membangun citranya melalui pemberitaan positif di ranah digital, sehingga banyak ulasan positif terhadap sebuah perusahaan, atau bankan namanya mendominasi halaman internet baik ulasan maupun pencarian. Yang akhirnya, karena banyaknya ulasan dan pencarian membuat sebuah perusahaan semakin dikenal sebagai emiten dengan citra yang positif.

Sepuluh emiten dengan reputasi terbaik tersebut diatas, adalah bagian dari 200 emiten yang lolos dalam Riset Top Digital PR Index, yang ditentukan berdasarkan kriteria penilaian, perusahaan terriset memiliki dominasi pemberitaan positif dalam 5 halaman mesin pencari pertama dengan angka dominasi 80% pemberitaan positif. Dan perusahaan terriset meraih angka final score 70% atau lebih, serta berada pada Top 200 untuk perusahaan emiten (Tbk).

Perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Top 200 Emiten dan Top 100 perusahaan Non Emiten, berhal menyabet penghargaan Top Digital PR Award 2023, sebuah penghargaan bergengsi yang didedikasikan untuk brand dan perusahaan baik emiten maupun non emiten, dalam memanfaatkan digital PR dalam berkomunikasi, menjalin engagement dengan konsumennya untuk menciptakan persepsi serta menghadirkan citra positif terhadap brand dan perusahaan.



TERPOPULER