Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand

infobrand

Belanja Online jadi Habit Baru Konsumen di Indonesia

Posted by: 31-01-2022 15:37 WIB 2514 viewer

Belanja Online jadi Habit Baru Konsumen di Indonesia
Susilowati Ningsih, CEO Media Infobrand Group, memberikan sambutan dalam kegiatan Top Official Store Award 2022.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sepanjang hampir dua tahun terakhir, kebiasaan konsumen telah banyak mengalami perubahan khususnya kebiasaan berbelanja online. Kondisi inilah yang menjadi faktor utama pertumbuhan yang sangat signifikan di dunia marketplace atau e-commerce.

Demikian diungkapkan oleh CEO Media Infobrand Group, Susilowati Ningsih dalam kegiatan Top Official Store Award 2022 yang digelar Kamis (27/1/2022). Dan memang harus diakui, Marketplace atau e-commerce secara nyata telah membawa dampak yang sangat positif terhadap eksistensi perusahaan atau brand dan bahkan berhasil menjadi channel penjualan yang sangat efektif, khususnya ketika dunia masuk kepada kebiasaan baru. Indonesia bahkan sempat dihebohkan fenomena foto selfie Ghozali Everyday  yang terjual miliaran rupiah di salah satu marketplace NFT terbesar, OpenSea. 

Fenomena “Ghozaly Everyday” menurut Susi, memberikan pesan yang sangat jelas. Efektifitas! Bahwa melalui marketplace, siapapun mulai dari individu, pedagang kecil hingga perusahaan multinasional mampu mengoptimalkan penjualan produknya. Setiap Perusahaan atau Brand yang cakap dalam menciptakan strategi campaign-nya, mampu menembus angka penjualan yang fantastis. Di momentum yang juga sangat tepat, di mana konsumen lebih merasa praktis dan aman melakukan transaksi secara virtual.

Tidak hanya itu, merujuk laporan tahunan Bank Indonesia 2021 yang dirilis pada November 2021, transaksi e-commerce Tanah Air diproyeksi menyentuh Rp 403 triliun pada 2021. Jumlah ini tumbuh 51,6% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 266 triliun. Bahkan Bank Indonesia juga telah memproyeksikan transaksi e-commerce di Indonesia terus naik pada 2022 dengan nilai mencapai Rp 530 triliun atau tumbuh 31,4% (yoy).

Pertumbuhan transaksi juga tercatat melalui riset yang dilakukan oleh TRAS N CO Indonesia sepanjang tahun 2021 di dua marketplace teratas Shopee & Tokopedia. Terjadi 2,78 juta transaksi dengan review mencapai 907 ribu ulasan. Hingga akhir tahun 2021 total transaksi di dua marketplace teratas tadi telah mencapai 10,28 juta transaksi, meningkat hingga 51,5% dari tahun sebelumnya, 5,41 juta transaksi. 

“INFOBRAND.ID merasa sangat beruntung menjadi salah satu media yang turut mengiringi pertumbuhan perusahaan-perusahaan yang telah mengoptimalkan marketplace mereka sebagai sarana penjualan efektif produk mereka melalui riset dan penghargaan TOP OFFICIAL STORE AWARD sejak tahun 2021 lalu,” ungkap Susilowati Ningsih. 

Karena itu, kedepan membangun dan mengoptimalkan official store melalui marketplace akan menjadi rencana strategis perusahaan. Sebab, belanja online kini bukan lagi suatu kenormalan baru, tapi sudah menjadi habit baru bagi konsumen Indonesia. 

Dan tentu saja, Perusahaan atau Brand-brand yang telah berhasil meningkatkan kinerja perusahaan melalui marketplace, sangat layak diberikan apresiasi. Untuk itulah INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, kembali menghadirkan TOP OFFICIAL STORE AWARD 2022. 

TOP OFFICIAL STORE AWARD 2022 diukur berdasarkan Store Sales Aspect yaitu dari banyaknya transaksi penjualan produk, Store Review & Rating Aspect yang mengukur banyaknya ulasan dan angka penilaian yang diberikan konsumen, serta Store Followers Aspect yang diukur dari banyaknya pengikut official store.

“Kami berharap apresiasi TOP OFFICIAL STORE AWARD 2021 ini menjadi langkah awal perusahaan melalui official store atau official shop untuk semakin meningkatkan inovasi dan strategi serta brand activitiesnya melalui marketplace. Kami juga berharap, TOP OFFICIAL STORE AWARD 2021 ini bisa menjadi referensi konsumen untuk menentukan pilihannya memilih official store atau official shop terbaik di marketplace,” tutup Susilowati Ningsih. 
 



TERPOPULER