Jum'at, 19 April 2024

Follow us:

infobrand

infobrand

Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, Penghargaan Khusus Brand Produk Kesehatan dan Kecantikan

Posted by: 04-08-2022 16:17 WIB 3334 viewer

Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, Penghargaan Khusus Brand Produk Kesehatan dan Kecantikan
Brand Choice Award for Health & Beauty 2022.

INFOBRAND.ID - Dari 275 juta penduduk Indonesia, 20% atau lebih dari 50 juta orang merupakan kelas menengah, kelompok penduduk yang mampu mencukupi kebutuhan mereka. Bahkan, Bank Dunia mencatat ada 45% populasi atau 115 juta orang berpotensi menjadi kelas menengah, yang akan menjadi motor perekonomian Indonesia di masa depan.

Seiring meningkatnya taraf hidup masyarayat, keinginan untuk hidup sehat dan menjaga penampilan juga menjadi semakin tinggi. Meningkatnya gaya hidup sehat dan cantik tentunya semakin memperbesar pasar produk kesehatan dan kecantikan di tanah air. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya brand-brand yang menghadirkan produk kesehatan dan kecantikan.

Untuk melihat brand-brand pilihan konsumen di kategori kesehatan dan kecantikan, TRAS N CO Indonesia melakukan Riset Brand Choice Award for Health & Beauty Index. Riset ini mengukur keterpilihan sebuah brand di kategori kesehatan dan kecantikan atas produk yang ditawarkan kepada konsumen, berdasarkan riset digital yang mengacu pada tiga parameter penilaian, yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Choice Aspect, dan Social Media Aspect.

Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, Digital Brand Awareness Aspect, yang mengukur banyaknya ulasan sebuah brand di halaman internet, dan banyaknya brand dicari oleh pengguna internet dengan mengacu pada data mesin pencari. Brand Choice Aspect, yang mengukur banyaknya transaksi penjualan produk di suatu kategori melalui official store di dua marketplace teratas, dan juga mengukur banyaknya ulasan dan penilaian (Review dan Rating) yang diberikan oleh konsumen atas produk yang dibeli dan digunakan. Dan Social Media Aspect, yang mengukur tiga media sosial teratas yakni Facebook, Instagram dan YouTube, untuk mengukur aktivitas brand serta engagement yang terjalin antara brand dengan pengikutnya di media sosial.

Riset Brand Choice for Health & Beauty Index dilakukan pada bulan Mei – Juli 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000-an Brand ter-riset. Selanjutnya peraih penghargaan ditentukan berdasarkan kriteria penilaian, yakni; Brand-brand ter-riset memiliki official online store yang terdaftar secara resmi di marketplace di Indonesia. Brand-brand teriset meraih angka final skor minimal 10% atau lebih di kategori produknya. Dan Brand achiever berada pada posisi tiga teratas dalam satu kategori, atau berada pada peringkat teratas apabila hanya terdapat maksimal tiga Brand ter-riset di satu kategori tersebut.

Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id menambahkan, dari hasil riset tersebut, selanjutnya Infobrand.id menyelenggarakan penghargaan Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, sebuah apresiasi khusus bagi brand di kategori produk kesehatan dan kecantikan. Penghargaan ini diberikan bagi brand yang telah berhasil membangun brand awareness dan brand engagement sehingga layak menjadi brand pilihan konsumen, terutama di kategori produk kesehatan dan kecantikan.

“Ini merupakan ajang penghargaan pertama untuk kategori ini,” ujar Susilowati Ningsih.

Menurut Susi, pengkategorian yang dilakukan diharapkan dapat membantu sebuah brand dalam menyasar segmen market yang tepat, dimana untuk kategori produk kesehatan dan kecantikan masih didominasi kaum hawa. Karena logo dan penamaannya telah sesuaikan, sehingga penghargaan tersebut akan memberikan value lebih. Dengan memakai logo dari penghargaan tersebut, konsumen terutama kaum hawa dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menemukan produk yang mereka butuhkan.



TERPOPULER