Kamis, 28 Maret 2024

Follow us:

infobrand

infobrand

Infobrand.id dan TRAS N CO Indonesia Hadirkan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022

Posted by: 04-08-2022 15:28 WIB 2996 viewer

Infobrand.id dan TRAS N CO Indonesia Hadirkan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022
Brand Choice Award for Mom & Kids 2022.

INFOBRAND.ID - Menurut data Badan Koordinasi dan Keluarga Berencana (BKKBN), setiap tahun sedikitnya ada 5 juta anak lahir di Indonesia. Tingginya angka kelahiran mencapai 2% dari total penduduk, menempatkan Indonesia sebagai negara ke-4 dengan jumlah populasi terbanyak di Indonesia, mencapai 275 juta penduduk di tahun 2022.

Tingginya jumlah kelahiran pun membuka pasar yang sangat besar di segmen anak. Mengutip data Kemendagri per 31 Desember, jumlah penduduk usia 0-14 tahun mencapai 69 juta jiwa, atau mencapai 25% dari total jumlah penduduk.  

Banyaknya jumlah penduduk dan tingginya angka kelahiran tentu saja menjadi daya tarik bagi pelaku bisnis, sebagai market yang sangat potensial. Terutama untuk produk perawatan ibu dan anak, menjadi magnet bagi brand-brand kategori produk mom & kids. Tidak hanya perusahaan multinasional yang hadir di sejumlah negara yang selama ini telah menjadi market leader di kategorinya, tidak sedikit puka pendatang baru dari luar dan dalam negeri yang terus bermunculan.

Di sisi lain, perkembangan teknologi digital telah menciptakan karakteristik ibu-ibu masa kini, di mana setiap keputusannya dipengaruhi oleh informasi yang didapatkan melalui platform digital yang digunakan sehari-hari. Untuk memilih satu dari ratusan bahkan ribuan merek kategori produk yang dibutuhkan, seorang ibu atau orang tua akan mencari informasi di internet berupa bagaimana ulasan sebuah produk, kemudian banyaknya transaksi di marketplace, hingga sejauh mana engagement sebuah brand di media sosial.

Melihat data dan fakta tersebut di atas, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengatakan, brand dituntut untuk aktif melakukan digital activity guna meningkatkan brand image. Ada tiga aktivitas digital yang dapat dilakukan, yang pertama meningkatkan brand awareness di halaman internet, memudahkan masyarakat mendapatkan produk melalui marketplace, dan meningkatkan engagement di media sosial.

“Dengan melakukan digital activity tersebut, niscaya sebuah brand akan menjadi pilihan konsumen di ranah digital. Karena Brand dengan image yang kuat, akan membuat tingkat keterpilihan sebuah brand di hati konsumennya akan terus terjaga,” jelas Tri Raharjo.

Untuk melihat brand-brand pilihan konsumen di kategori Mom & Kids, TRAS N CO Indonesia melakukan Riset Brand Choice Award for Mom & Kids Index. Riset ini mengukur keterpilihan sebuah brand di kategori Ibu dan Anak atas produk yang ditawarkan kepada konsumen, berdasarkan riset digital yang mengacu pada; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Choice Aspect, dan Social Media Aspect

Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id menambahkan, memiliki lebih dari 275 juta jiwa Indonesia merupakan pasar yang sangat besar dan menarik bagi semua pelaku bisnis. Banyaknya pemain pada berbagai kategori produk pun membuat Indonesia menjadi sebuah pasar dengan persaingan sempurna, dimana jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak jumlahnya.

Banyaknya penjual dan pembeli pun membuat persaingan bisnis semakin sengit. Bagaimana memenangkan persaingan, menjadi brand pilihan konsumen kunci utama. Selanjutnya untuk brand menjadi pilihan konsumen, brand awareness atau keterkenalan sebuah brand pun menjadi tuntutan.

Tidak hanya itu, pengakuan sebuah brand sebagai brand pilihan konsumen di kategorinya pun sangat diperlukan, karena dapat mempertegas posisi sebuah brand sebagai brand pilihan konsumen di kategorinya. Karena itu Infobrand.id sebagai number one brand media, menyelenggarakan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022, sebagai apresiasi terhadap brand-brand di kategori ibu dan anak yang telah berhasil membangun brand awareness dan brand engagement sehingga layak menjadi brand pilihan konsumen.

Penghargaan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022, juga merupakan penghargaan yang khusus diberikan kepada brand di kategori produk ibu dan anak. Dengan pengkategorian ini diharapkan konsumen terutama ibu dan anak semakin mudah untuk mendapatkan brand yang tepat untuk kategori produk yang dibutuhkan.

Manfaatnya pun dapat dimaksimalkan sebagaimana tujuan dari penyelenggaraan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022, yaitu untuk mengapresiasi brand di kategori ibu dan anak yang telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen melalui channel marketplace di Indonesia. Dapat menambah kepercayaan konsumen dan calon konsumen dalam memilih, menggunakan, serta merekomendasikan suatu produk dari suatu brand. Dan mendorong perusahaan atau brand di kategori ibu dan anak untuk semakin mengoptimalkan channel marketplace untuk mendorong penjualan produknya.

Sementara itu, Panji Nurdiyan Syah, Research Director TRAS N CO Indonesia menjelaskan,

Riset Brand Choice for Mom & Kids Index dilakukan pada bulan Mei – Juli 2022, terhadap 115 kategori produk dengan lebih dari 700-an Brand ter-riset. Brand Choice Award for Mom & Kids 2022, diberikan berdasarkan hasil riset dan penilaian dengan pendekatan metodologi desk research, dengan mengacu pada tiga parameter penilaian yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Choice Aspect, dan Social Media Aspect.  

Selanjutnya pemenang ditentukan berdasarkan kriteria penilaian yakni; brand ter-riset memiliki Official Online Store yang terdaftar secara resmi di marketplace di Indonesia. Brand ter-riset meraih angka final skor minimal 10% atau lebih di kategori produknya. Dan brand ter-riset berada pada posisi 3 teratas dalam 1 kategori, atau berada pada peringkat pertama apabila hanya terdapat maksimal 3 brand ter-riset di satu kategori.



TERPOPULER