Ahad, 04 Desember 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Inilah Perusahaan-perusahaan Inovatif yang Sukses Ciptakan Inovasi Selama Pandemi

Posted by: 10-12-2021 14:10 WIB 1954 viewer

Inilah Perusahaan-perusahaan Inovatif yang Sukses Ciptakan Inovasi Selama Pandemi
Foto Perusahaan-perusahaan Inovatif yang Sukses Ciptakan Inovasi Selama Pandemi

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi covid-19 yang berlangsung dua tahun terakhir telah membawa banyak perubahan dalam dunia bisnis. Didorong perkembangan teknologi digital yang semakin cepat dan adopsi teknologi digital yang semakin masif, perusahaan dan brand dituntut inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital dalam aktivitas bisnisnya, mulai dari branding, marketing, hingga selling.

Menutip pernyataan Stephen Robbins (Profesor, Universitas Arizona), inovasi adalah gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaharui suatu produk atau proses dan jasa. Karena itu, inovasi menjadi jawaban akan kebutuhan dan permasalahan masyarakat, sehingga meningkatkan permintaan terhadap sebuah produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus pengamat dan peneliti brand di Indonesia mengungkapkan, dalam menghadapi tantangan pandemi diperlukan berpikir kritis dan kreatif untuk dapat bertahan, bersaing dan menjawab semua tantangan dan persoalan yang melanda seluruh sektor terutama ekonomi. Menurutnya inovasi menjadi kunci untuk bisa beradaptasi dan menghadapi perubahan dalam setiap zaman.

“Inovasi menjadi salah satu kunci untuk bisa beradaptasi dan menghadapi perubahan di setiap zaman. Inovasi adalah ruh dari sebuah bisnis. Jadi bisa dikatakan berinovasi atau mati,” ujar Tri Raharjo.

Dalam kondisi tersebut, tidak mengherankan jika perusahaan dan brand berlomba-lomba untuk menghadirkan produk dan layanan yang lebih baik. Bahkan tidak sedikit pula perusahaan atau brand yang menciptakan inovasi yang pertama di kategori produk atau jasanya, inovasi sebagai yang pertama ini diyakini akan mampu mendongkrak penjualan atau menjadi market leader di kategorinya.

Pada akhirnya, Inovasi yang diterima oleh market merupakan sebuah jawaban atas kebutuhan konsumen dan market. Di sinilah peran research & business development perusahaan benar-benar diuji. Bagaimana tim melakukan pengumpulan data awal, menganalisa market, dan menciptakan inovasi-inovasi berdasarkan data yang diterima.

Oleh karena itu, lanjut Tri Raharjo, perusahaan atau brand yang berhasil merealisasikan ide, gagasan pembaharuan atas produk atau jasanya sangat layak untuk diberikan apresiasi. Untuk itu, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID, menghadirkan penghargaan Top Innovation Choice Award 2021 dan penghargaan Pertama Di Indonesia.

Top Innovation Choice Award merupakan penghargaan bergengsi di bidang inovasi yang dianugerahkan TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID kepada perusahaan/brand atas keberhasilan mereka menciptakan inovasi atas produk atau layanan.

Untuk menentukan peraih Top Innovation Choice Award 2021, TRAS N CO Indonesia melakukan riset dan seleksi awal kepada lebih dari 300 perusahaan/brand di Indonesia. Riset dilakukan dengan metode desk research melalui media monitoring, social media monitoring, market place monitoring dan product profile baik berupa video, berita (artikel) dan foto. Riset dan seleksi awal serta penjurian dilakukan berdasarkan 3 aspek penilaian, yaitu; Innovation Idea Aspect, Innovation Advantage Aspect, dan Innovation Differentation Aspect.

Sedangkan penghargaan Pertama di Indonesia, merupakan apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada Perusahaan atau Brand atas prestasi inovasi dan karya yang berhasil diciptakan guna meningkatkan daya jual produk/jasa perusahaan dan menjadi pioneer di kategorinya sebagai peraih predikat yang “Pertama Di Indonesia”. Peraih penghargaan Pertama di Indonesia, ditentukan berdasarkan hasil riset dan pendaftaran dengan pendekatan metodologi penilaian yaitu: The First Aspect, Evidence Aspect dan Validation Aspect.

“Melalui dua penghargaan tersebut, diharapkan perusahaan dan brand terus berinovasi untuk berkembang dan memenangkan persaingan di industrinya. Dengan keterbukaan informasi yang begitu masif saat ini, Inovasi menjadi salah satu kunci utama sebuah brand untuk dikenal, dipilih dan direkomendasikan kembali oleh konsumen yang semakin selektif dalam memilih produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan,” ungkap Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND GROUP.

Adapun peraih Top Innovation Choice Award 2021 adalah:

  1. My School, dengan inovasi My School; Sekolah Yang Berfokus Pada Kurikulum Pembelajaran Mandiri Dan Kolaboratif Yang Berbasis Pengalaman Dan Project Serta Didukung Teknologi Informasi.
  2. Morinaga dengan inovasi Allergy Solution; The Innovation Orchestra Project of Morinaga Specialties X KlikDokter X CRM.
  3. Morinaga Chil*Kid dan Chil*School Platinum, dengan inovasi Morinaga MoriCare Triple Bifidus; Sinergi Probiotik Triple Bifidus Dan Prebiotik Untuk Daya Tahan Tubuh Si Kecil.
  4. Morinaga Chil*Go, dengan Inovasi Morinaga Chil*Go; Morinaga Sustainable Innovation To All Indonesian  Kids.
  5. SMITH BERLIN, dengan inovasi Extender Pants; Inovasi Celana Formal Dan Chino Yang Dapat Merenggang (Stretch) Hingga 4 cm Di Bagian Pinggang Dan Memberikan Kenyamanan Pada Penggunanya.
  6. Sweety, dengan inovasi All New Sweety Gold Pants Nextgen; Popok Celana Dengan Fitur Adaptive Intelligence Technology, 3D Line Flexy Dry & Fitflex Technology Yang Mendukung Kenyamanan Dan Keleluasaan Bergerak Si Kecil.
  7. Youtap, dengan inovasi Consumer Presented Mode (CPM) Payment Processing.
  8. CUSSONS BABY, dengan inovasi Cussons Baby Powder Dengan Teknologi Moodscent
  9. Speedwork Motoexpress, dengan inovasi O2O Auto Care Solution for Motorcycle.
  10. AQUA Japan AQR-385IG dan AQR-405IG, dengan inovasi Kulkas Dengan Teknologi Deo Fresh & HCS Yang Mampu Menyerap Bau Tak Sedap Sekaligus Menghambat Bakteri Serta Dilengkapi Magic Room & Digital Temperature Dengan Compartment Khusus Bersuhu Variatif (5°C – 18°C).
  11. BIGLAND, dengan inovasi Bigland'otel Springbed; Kasur Anti Virus dan Bakteri.
  12. Matrix NAP Info, dengan inovasi MatriXtraGuarantee; Layanan Broadband Terproteksi Dengan Jaminan Klaim Kompensasi Apabila Terjadi Gangguan Koneksi.
  13. SHARP, dengan inovasi Face Shield dengan “Moth Eye Technology” Yang Memiliki Transparansi Tinggi, Refleksi Rendah Dan Mampu Membuat  Uap Mengering Dengan Cepat Sehingga Menghasilkan Permukaan Anti Kabut.
  14. Toyota Astra Motor, dengan Inovasi Toyota Live Showroom.
  15. Toyota Astra Motor, dengan inovasi Electric Vehicle Smart Mobility Project.
  16. Polytron Wonderwash 2-In-1 Washer Dryer; Inovasi Mesin Cuci Yang Dilengkapi Dengan Teknologi Steam Wash Yang Mampu Mencuci Pakaian Menggunakan Air Dengan Suhu Mencapai 90ºC Dan Mampu Mengeringkan Pakaian Hingga 100% Teknologi Ini Dapat Membunuh Bakteri dan Kuman Hingga 99%.
  17. Polytron Belleza Big Liter With Vacuum Compartment; Inovasi Kulkas Dengan Teknologi Vacuum Compartment Yang Dapat Mengurangi Kadar Oksigen Dalam Ruangan Sehingga Pertumbuhan Bakteri Dan Jamur Akan Terhambat Yang Membuat Buah dan Sayuran Tetap Segar, Sehingga Bahan Makanan Tahan Hingga 21 Hari.
  18. SHOP&DRIVE, dengan inovasi Automotive Chain Network Dengan Omni Channel.
  19. Bank DBS, dengan inovasi DBS MAX QRIS; Sistem Penerimaan Digital Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Bagi Nasabah Korporasi.
  20. MOM UUNG, dengan inovasi Produk ASI Booster Dengan Kandungan Ekstrak Daun Kelor, Daun Katuk Dan Ikan Gabus Yang Baik Untuk Memperlancar ASI Ibu.

Peraih Penghargaan PERTAMA DI INDONESIA adalah:

  1. Merries Skin Protection, Popok Pertama Di Indonesia Dengan Kandungan Ekstrak Naturan Daun Teh.
  2. Digibank, Proses Pembuatan Kartu Kredit Digital Dengan Approval 60 Detik Pertama Di Indonesia.
  3. BLESSCON, Produk Bata Ringan Ramah Lingkungan Pertama Di Indonesia Yang Memperoleh Sertifikasi Hijau (Green Label) Dan Green Product Council Indonesia (GPCI).


TERPOPULER