Sabtu, 22 Juni 2024

Follow us:

infobrand

infobrand

November Mendatang, Perhumas akan Luncurkan Kode Etik Kehumasan Terkait AI

Posted by: 24-04-2024 10:12 WIB 753 viewer

November Mendatang, Perhumas akan Luncurkan Kode Etik Kehumasan Terkait AI
Ilustrasi AI/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) akan meluncurkan kode etik kehumasan berkenaan dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di ajang World Public Relations Forum, yang dijadwalkan berlangsung di Bali dari 19 sampai 22 November 2024.

Ketua Umum Perhumas Boy Kelana Soebroto mengungkapkan, Perhumas saat ini juga bersama-sama dengan Kementerian Kominfo sedang menyiapkan kode etik kehumasan dengan adaptasi adanya artificial intelligence ini. 

"Mudah-mudahan nanti bulan November sudah diluncurkan di World Public Relations Forum," kata dia.

Dikatakan Boy, World Public Relations Forum 2024 mengangkat tema besar Purposeful Influence for the Common Good, yang mencakup pembahasan tentang pemanfaatan AI.

"AI bukan hanya alat, melainkan mitra strategis dalam evolusi praktik hubungan masyarakat. AI dapat digunakan untuk analisis sentimen, personalisasi pesan, manajemen krisis, hingga otomasi yang bisa membebaskan praktisi humas dari tugas-tugas rutin," ujarnya.

Meski begitu, Boy menekankan, integrasi AI dalam praktik humas perlu dilakukan secara hati-hati untuk memastikan penggunaannya tetap menghormati etika profesional dan tidak mengurangi esensi komunikasi manusiawi.

"Kita perlu memastikan bahwa penggunaan teknologi ini tetap menghormati etika profesional kita sebagai humas dan tidak mengurangi esensi humanis dalam berkomunikasi," jelasnya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh anggota Perhumas dan praktisi humas di Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam mengarahkan penggunaan AI yang beretika dan bertanggung jawab, serta memanfaatkan AI untuk mengoptimalkan pekerjaan sambil menjaga esensi komunikasi interpersonal.

"Dengan kolaborasi, pendidikan terus-menerus, dan kebijakan yang tepat, kita bisa membentuk masa depan hubungan masyarakat yang tidak hanya efektif, tetapi juga beretika dan berkelanjutan," imbuhnya lagi.

World Public Relations Forum (WPRF) 2024 akan meliputi acara diskusi panel, lokakarya, kesempatan berjejaring, hingga Global PR and Communications Awards.Konvensi Humas Indonesia (KHI) dan Pertemuan Humas Muda Indonesia (PEMUDA) juga akan dilaksanakan di ajang WPRF 2024.



TERPOPULER